Rabu, 14 Maret 2012

Filosofi Semut (1); "Istana Megah"

26 komentar

FollowTwitSadah@FahrieSadah

Dari makhluk mungil ini, banyak sekali yang bisa kita teladani. Di antara yang paling berkesan buat aku adalah kepintaran mereka. Dengan ilmu arsitektur yang canggih, mereka mampu membangun istana yang sangat megah bagi kerajaan semut

Istana ini di desain dengan pertimbangan yang sangat teliti, dirancang mampu mengantisipasi panas, hujan dan anti longsor. Istana semut ini memiliki ruangan-ruangan khusus dengan fungsi yang berbeda-beda. Ada ruang ratu, ruang penyimpanan persediaan makanan, dan ruang bertelur.

Kerajaan semut juga memiliki struktur kepengurusan, mereka menguasai ilmu manajemen kerajaan, Sob! Pingin kenal jajaran pengurus kerajaan semut? Ini dia.. ^^
Dari paling kanan: Pegawai, Prajurit, Ratu, Panglima Bersayap

Tidak terbayang Istana bawah tanah ini dibangun oleh arsitek-arsitek semut yang jenius. Jadi teringat kisah Nabi Sulaiman yang diabadikan dalam Al-Quran, yang artinya;

“Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah Ratu semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari (QS. An-Naml, Ayat 18)”

Pada ayat tersebut, dikisahkan bahwa sang ratu semut memerintahkan rakyatnya agar berlindung di dalam sarang, karena tentara Nabi Sulaiman akan lewat. Subhanallah, lihatlah betapa pintarnya semut, mereka bisa mendeteksi kedatangan para tentara Nabi Sulaiman, hingga mereka akhirnya berhasil menghindar dari maut. 

Nabi Sulaiman tersenyum mendengar instruksi semut itu, Beliau mendengarnya walaupun jaraknya masih jauh yakni tiga mil, dan kita tahu bersama salah satu mukjizat Nabi Sulaiman, bisa mengerti bahasa binatang. Ketika mereka hampir sampai ke lembah semut, Nabi Sulaiman menahan bala tentaranya dan menunggu supaya semut-semut itu memasuki sarang-sarangnya terlebih dahulu, baru mereka melanjutkan perjalanan.

Lembah Semut
 Subhanallah, sejak 14 abad yang lalu Al-Qur’an telah menyatakan, bahwa semut dipimpin oleh seorang ratu. Sedangkan ilmu pengetahuan baru berhasil mengungkapnya pada abad 20. 

Semut, dengan segala keistimewaannya, maka wajarlah bila dalam A-Qur’an ada satu surah yang bernama An-Naml yang artinya semut. Semoga serangga kecil ini bisa menjadi ibrah bagi kita semua, berikut ada video kerajaan semut yang saya ambil dari youtube, la’allakum tahtadun…


 

Oh ya, JazakallahKhair, terimakasih banyak buat Mas Insan Robbani atas Award-nya yang cantik ( "Tulisan Mas Fahrie banyak membuat saya merenung, sangat menginspirasi" Kata Mas Insan) Ah, Mas..berlebihan, jadi#ge-erisasi! Hehe.. Semoga Media Robbani tetap istiqamah menebar kebaikan dalam usianya yang tiga tahun...

Ini Award-nya..^^ 


Saleum, 

26 Responses so far

  1. Masyaallah...
    saya selalu terkagum-kagum dengan cerita semut,,,Lebah juga...

  2. Lembah semunya besar ya? Semut memang keren! Selamat buat Awardnya ya tulisan2 disini memang membuat kita merenung ^^d

  3. subhanallah ...wah semut pinter ilmu arsitek juga yah,,,,

  4. Su :: Kita masih perlu belajar dari mereka ^^

    Nufus :: Apalagi yang di afrika, udah kaya gedung pencakar langit :-)

    Tiya :: Maha besar Allah atas makhluk kecil ini ^^

  5. Subhanallah, Itulah salah satu tanda kebesaran Allah sang Pencipta.

  6. Kucob :: Subhanallah.. Makasih dah mampir, Sob^^

  7. iya ya sob, ternyata mereka keren juga ya, malu kita jadi, hehey ^^

  8. Stumon :: Kita semestinya jauh lebih baik dari itu.. ^^

  9. betapa tuhan menunjukkan kekuasaannya.. bahkan semut pun dibuat-Nya luar biasa. masya allah.. nice post sob.

    happy blogging :D

  10. Ahmad :: Terimakasih Sob.. Happy blogging ^^

  11. Sam says:

    berguru pada makhluk Tuhan yang katanya tak berakal... :D

  12. semut memang luar biasaaaaa....

  13. Sam :: Tanyakan saja pd rumput yg bergoyang..^^

    Immanuel :: Memang luar biasa...

  14. HP Yitno says:

    Semut ternyata memiliki seorang ratu ya. Kayak ratu lebah. Itulah keajaiban alqur'an sob. Yang mana sains modern baru menemukannya.

  15. Yitno :: Indahnya menkaji Al-Qur'an kan? ..^^

  16. wow :D keren ya semut

    ehem ehem ^^ template baru nih ye

  17. Maya :: Hehe, ganti kulit, ganti suasana ^^

  18. penasaran sistem pemilihan ratu di kerajaan semut deh..

  19. Gimana ya, aku juga gak tahu ..^^

  20. Iwan says:

    Salam,,
    Blognya dipinjem buat jd tautan di fb aq ya..!
    Syukran!

  21. Iwan :: Salam.. Nama fbnya apa? :-)

  22. akhbar says:

    jago bangettt ya semut2 itu bisa membuat sarang sampai seperti gunung begitu

Leave a Reply

Komentarin SADAH Dunk !!

Pasang Banner Sadah.. ^^

create your own banner at mybannermaker.com!

SAdah-Sadah Sekalian