Jumat, 31 Agustus 2012

Resep Spesial untuk ‘Dia’ yang Spesial

21 komentar
Story Behind this..

Kemarin si ‘dia’ yang sangat special dihatiku sempat nanya, “Makanan favorit abang apa sih?”
 
Gulai ikan sembilang..”, kataku.

Eh ternyata dia gak pernah tahu gimana ikan sembilang.. hehe. “Ikan apaan tuh bang??” Kayaknya dia bingung. 

Emang sih, setahuku ikan sembilang kalau di Aceh, adanya cuma di Langsa, Aceh Timur, sedangkan dia jauh dari langsa yang jaraknya sekitar 6 jam perjalanan. Itupun, belinya harus dibawah jam 7 pagi, kalau telat ikannya sudah mati dan kurang enak rasanya.

Sampai sekarang-pun, setiap pulang ke rumah nenek di langsa, pasti dibuatin gulai ikan sembilang yang super lezaaaat..! hmmm..

“Bang, minta resepnya donk?” 

“Iya dech, ntar abang maintain resepnya sama Bunda..”

“Janji ya Bang!”

“Iyeee..”

Untungnya Bunda-ku mau berbaik hati membagi resepnya, walaupun agak bingung juga sih soalnya banyak istilah aceh yang Bunda gak tahu apa bahasa indonesianya.. apalagi aku! Hehe..

Gulai Ikan Sembilang

“Bumbunya gak jauh beda dengan bumbu kari, dan takarannya dikit-dikit aja, gunakan feeling masak-mu”, kata bunda.

Bahan-bahannya :
1.    Ikan Sembilang
2.   Jintan
3.   Ketumbar
4.   Jeramaneh
5.   Jrang engkot
6.   Lada
7.   Sunti
8.   Bawang Merah
9.   Bawang Putih 
10.   Daun Teumerui
11. Ulee Santan
12.   Uu lhee
Cara masaknya! 

Bumbu-bumbu no 1 - 7 ditumis semuanya, lalu masukkan ikan sembilang yang sudah dipotong sesuai selera. Aduk sampai rata, biarkan sampai agak matang.

Trus, bawang merah dan bawang putih ditumis terpisah dan masukkan daun teumerui sampai wanginya semerbak.. hehe. Kalo kira-kira dan matang, jangan sampe angus! Campurkan dengan bumbu no 1-7 tadi.

Dan terakhir, masukkan ulhee dan santannya. Takarannya sesuai selera, pingin kental atau kurang kental. Kalau mau lebih encer masukkan air secukupnya.. Dan Gulai Ikan Sembilang-pun siap disantap!

Bingung ya Sob? Sama! Aku juga bingung sebenarnya, tapi demi si ‘dia’ yang spesial.. aku tuliskan resep special ini, hehe. Mudah-mudahan dia ngerti, dan berhasil masaknya..

Tanya sama Chef Google?? Udah kok.. ! Tapi, kenapa yang posting tentang ikan sembilang rata-rata blogger Malaysia ya? Jangan-jangan, memang asal masakan ini dari Malaysia.. Nih, ada beberapa gambar Gulai Ikan Sembilang yang aku curi dari dapurnya chef google.. hehe


Makanan Favorit-mu apa??? hehe..

Selamat menikmati .. 
http://jabanahsadah.blogspot.com/
Continue reading →

Pasang Banner Sadah.. ^^

create your own banner at mybannermaker.com!

SAdah-Sadah Sekalian