Senin, 06 Februari 2012

Berwudhu atau Mandi?!

21 komentar
FollowtwitSadah@FahrieSadah

Air adalah salah satu dari nikmat terbesar yang dianugrahkan Allah kepada kita.  Apakah kita pernah merenungi pentingnya air bagi kehidupan? Apa pernah terbersit dalam fikiran kita, bahwa air yang ada di toilet kita, jauh lebih jernih, jauh lebih bersih dan bebas bakteri, daripada air yang diminum trilyunan anak manusia di benua Afrika? 

Sob, seberapa banyak kita telah mensyukuri nikmat air? Atas air yang kita minum setiap hari, atau air yang kita gunakan untuk masak, mandi, mencuci dan keperluan hidup yang lain? 

“Air ketika berlimpah seakan tidak bernilai, namun krisis air bisa menyebabkan peperangan antar negara”

Bagaimana perlakuan kita sehari-hari terhadap air?
Sob, banyak di antara kaum muslim berwudhu seperti mandi, dengan dalih agar lebih yakin. Permasalahan di sini adalah, banyak yang tidak memahami perbedaan isbagh wudhu  dengan israf wudhu. Sob, isbagh wudhu atau menyempurnakan wudhu ke anggota-anggota wudhu bukan berarti kita harus menyiram anggota wudhu itu berkali-kali. Yang disunnahkan dalam Islam adalah tiga kali, jadi bila lebih dari tiga kali itu namanya israf wudhu (berlebihan dalam berwudhu). Ini mubazir, dan orang-orang yang suka mubazir tergolong ke dalam saudara syaitan.

Coba kita iseng-iseng menghitung, berapa banyak air yang kita gunakan bila kita berlebih-lebihan dalam berwudhu (israf wudhu). Seorang muslim yang berlebih-lebihan dalam berwudhu bisa menghabiskan 100 liter air dalam sehari, hanya untuk keperluan wudhu saja. Lalu kalilah dengan jumlah muslim seluruh dunia! Berapa liter dalam sehari, umat muslim menghabiskan air hanya untuk berwudhu?

 Sekarang bandingkan bila kita mengikuti ajaran Rasulullah, maka sekali wudhu tidak akan lebih dari lima liter, itu artinya dalam sehari kita cukup menghabiskan kurang dari 20 liter untuk berwudhu. Coba bayangkan berapa banyak air yang bisa kita hemat, bila kita tidak berlebihan dalam wudhu?

Rasulullah pernah menegur Saad bin Abi Waqas, “Kenapa kamu berlebihan dalam berwudhu?” Lalu Saad bertanya, “Apakah ada istilah mubazir air ketika berwudhu wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab; “Iya! Sekalipun ketika kamu sedang berada di sungai yang mengalir!”

Kadang Rasulullah Saw. mencuci anggota wudhunya tiga-tiga kali, sebagaimana yang banyak diterangkan dalam hadits Utsman bin ‘Affan riwayat Bukhari-Muslim dan hadits Abdullah bin Zaid riwayat Bukhari-Muslim. Kadang pula Beliau mencuci anggota wudhunya dua-dua kali,sebagaimana dalam hadits Abdullah bin Zaid riwayat Bukhari;

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَسَلَّمَ تَوَضَّأَ مَرَّتَيْنِ مَرَّتَيْنِ
Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘ alaihi wa alihi wa sallam berwudhu 2 kali 2 kali

Kadang Beliau juga mencuci anggota wudhunya satu-satu kali, dan ini merupakan batasan wajibnya. Hal ini diterangkan oleh Ibnu Abbas dalam riwayat Bukhari;

تَوَضَّأَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَسَلَّمَ مَرَّةً مَرَّةً
Nabi shallallahu ‘ alaihi wa alihi wa sallam berwudhu satu kali satu kali

Inilah tuntunan Rasulullah Saw dalam berwudhu, tidak pernah disebutkan beliau mencuci anggota wudhunya lebih dari tiga kali! Justru yang ada adalah larangan lebih dari tiga kali sebagaimana yang diterangkan dalam hadits Amr bin Syu’aib yang berbunyi;

جَاءَ أَعْرَابِيٌّ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَسَلَّمَ يَسْأَلُهُ عَنِ الْوُضُوْءِ فَأَرَاهُ ثَلاَثًا ثَلاَثُا فَقَالَ : هَذَا الْوُضُوْءُ فَمَنْ زَادَ عَلَى هَذَا فَقَدْ أَسَاءَ وَتَعَدَّى وَظَلَمَ
Datang seorang A’raby kepada Rasulullah Saw bertanya tentang wudhu. Maka beliau memperlihatkan wudhu tiga-tiga kali lalu beliau berkata, ‘Inilah wudhu, siapa yang menambah di atas ini maka ia telah berbuat jelek, melampaui batas dan berbuat zhalim.’.” (Diriwayatkan oleh Abu Daud no. 135, Ibnu Majah no. 422, An-Nasa`i no. 140, Ahmad 2/180 dengan sanad hasan)

Kenapa kita harus menghargai air meskipun dalam wudhu? Mari kita membuka mata dan hati, Sob. Bila satu muslim saja berlebihan dalam berwudhu, yaitu dengan 20 liter sekali wudhu. Maka di benua afrika atau di negara-negara yang menderita krisis air, satu orang dalam sehari hanya mampu menghabiskan 10 liter untuk seluruh keperluan hidupnya, seperti masak, mandi dan termasuk berwudhu.

Air adalah salah satu dari nikmat terbesar yang dianugrahkan Allah kepada kita. Kadang suka sedih bila menyaksikan orang yang tidak menghargai air. Ada yang seenaknya membuang botol air kemasan, padahal airnya masih setengah. Ada yang menghidupkan keran air terus-menerus padahal ia sedang tidak menggunakannya, seperti saat sikat gigi di wastafel.  


Sob, kadang kita sering lupa. Ketika kita membuka kulkas, lalu minum segelas air dingin, kadang kita lupa untuk sekedar mengucapkan  Alhamdulillah”
Salam,-

21 Responses so far

  1. Una says:

    Okeee mas...
    Ga boleh berlebihan ya pake air :-s
    Aku juga kalau mandi sekali sehari... biar irit... kadang gak mandi malah.

  2. iya fahrie..jadi ingat disudan mereka bisa wudhu dengan satu botol air..trima kasih sudah mnegingatkan

  3. Unaaaaaaaa! Ya, itu baru una sejati namanya.. #jarangmandiHihi

    Tiya :: Sama-sama, menghargai air bukan berarti pelit juga lho ^^

  4. Una says:

    a-nya kurang panjang mas...
    Masnya rajin mandi emang? :P
    Aku udah garap yang 12 12 ituuuu~

  5. Kalau aku sering mandi Un, sekali-sekali..! LOL
    Iya, aku dah baca yang 12 12 itu, ajaib ^^

  6. wah iyaa yaa... harus hemat air,,, :)
    makasih pelajaran hari ini ^^

  7. Kasian bgt liat foto kedua dan ketiga...kayak susu gitu airnya?

  8. Niar :: Semua sudah tahu kok, hanya sekedar mengingatkan saja, untuk diri sendiri juga ^^

    Nufus :: Ini fakta

  9. dmilano says:

    Saleum,
    Insya Allah akan selalu hemat menggunakan air. Disamping meminimalisir biaya rekening air juga ikut melaksanakan sunnah rasul.

  10. ka butoi that nyan adinda.... :)

    trims sudah mengingatkan... yup, harus hemat dalam segala hal, apapun yang mubazir tentu sangat-sangat tidak baik kan?

    setuju that... btw, pat tinggai? :)

  11. dmilano ::Tuh kan, dunia akhirat..hehe

    K'Nonk Alaika:: Betoi k'nonk, gk bleh mubazir^^ Alamat lon di Banda, tp skrng lagi studi di sudan. Droeneh pat tinggai? di jakarta nye?

  12. saya pernah ikut kompetisi blog yang bertemakan green. salah satu pemenangnya adalah seseorang yang membuat benda ramah lingkungan yang kreatif sekali yaitu membuat tempat wudhu dari bolongan gayung. jadi, dengan satu gayung saja kita bisa berwudhu dan membersihkan seluruh anggota wudhu tanpa menghabiskan banyak air.

    so, ada banyak cara untuk menghemat air kan?
    :)

  13. ke2nai says:

    terima kasih sdh mngingatkan utk selalu mengucapkan alhamdulillah :)

  14. Khairi :: Hebat, kamukah pemenang itu? ^^

    Ke2nai :: Sama-sama Sob :-)

  15. sering banget lihat yang beginian, bahkan di tempat wudhu masjid pun banyak yang berlebihan menggunakan air, dimana sering saya temukan orang memutar kran air berlebihan sehingga air yang keluar cukup banyak, dan kalau saya lihat malah lebih banyak yang terbuang percuma dibanding yang betul-betul menyentuh anggota tubuh.

    mudah-mudahan kita tidak termasuk ke dalam orang yang suka berlebihan dalam berwudhu, judulnya mantap Wudhu atau Mandi ?

  16. Nia says:

    ngga tega melihat mata anak2 yang polos itu....ya Allah kasihan sekali yach...afrika smpe sekarang masih seperti itukah? bener2 harus irit air yach...soalnya banyak orang yg sengsara krna ngga ada air...

  17. Nonjok abiss!!

    Wahh Aul bisa dibilang kalo wudhu boros banget..
    kadang segayung cuma buat sebelah tangan.
    berarti minimal kira-kira habis 10 gayung sekali wudhu.

    dan minum pun ga baca bismillah atau hamdalah..

    aaa..
    syukron bang. ini menyadarkan.

    :')

  18. ya memang kadang saya sendiri suka membuang2 air..

  19. Mbak Nia :: Ya, sebagian daerah di Afrika masih seperti itu ..

    Urang :: Sama, saya juga suka lupa.. makanya kita saling mengingatkan ^^

  20. zone says:

    air banyak manfaatnya juga kadang jika tidak bijak bawa bencana...
    :)

  21. Awaluddin :: Iya, sangat banyak kita lihat di mesjid2 mereka yang berlebihan dalam berwudhu

    Aul :: Air itu sangat berarti Aul ^^

    Zone :: Berarti kita semua harus bijak menggunakan air, yakan zone?

Leave a Reply

Komentarin SADAH Dunk !!

Pasang Banner Sadah.. ^^

create your own banner at mybannermaker.com!

SAdah-Sadah Sekalian