Jumat, 17 Februari 2012

Asa dalam Senyuman

17 komentar
FollowTwitSadah@FahrieSadah

Sob, lihat sekolah di perkampungan Afrika Yuk!
Yalla..!
Pekarangannya tandus, namanya aja Afrika! Kering..
But! Bersih dan banyak burung di sini (kalo di indo dah pada di ketapel anak-anak, he..)

Ahlan.. ahlan!
Sob, sanggup gak minum dari kendi-kendi ini?
Kalau kita di Afrika, jawabannya harus sanggup! Saking panasnya, di sini 10 menit sekali haus! sruuuups

Yang haus, yang haus..!
Lho, anak-anaknya mana ya? Oh, masih di kelas toh..

Nihau...!
Bersyukurlah kalau sekolah kita sudah berlantai keramik..

Lantainya masih tanah :-(
Namun, anak-anaknya sangat pede dan kreatif!!

Leele..lyly..kruooiiiiiiiiii...!!
Parkiran... Cuma ada dua kendaraan, punya Pak kepsek satu dan punya tamu sekolah satu..

Hening....
Ini tidak mempengaruhi rasa ingin tahu dan semangat belajar mereka!

Tulisannya kok kayak cakar ayam ya..?
Hidup anak-anak di sini keras, Sob. No game online ataupun playstation, no rekreasi ke ancol atau nongkrong di mall! Pulang sekolah, mereka kerja keras mengais rejeki bersama orang tua mereka di ladang, di jalanan, di pasar ataupun di pesisir nil. Keras, namun tetap santun, hormat dan patuh pada guru mereka, nilai hormat pada orang tua ini yang nyaris hilang di anak-anak Indonesia raya..

So.. Hari ini kita bermain bersama..!
Siapa yang punya tebak-tebakan lagi??
Potong bebek angsa.. masak di kuali..lalala..
Udah dulu ya, naltaqi fima ba'd.. See u later!

Jarang-jarang nih foto sama bule.. huk huk!
Jangan kapok main kesini ya...!! Yo, yo, yo...

Ada asa yang menyala dalam senyuman mereka..
www.jabanahsadah.blogspot.com

17 Responses so far

  1. sharing yang sangat menyentuh, walau hanya lewat foto, tapi kebanyakan, justru foto lebih mampu bicara dibanding uraian kata...

    beruntunglah anak2 Indonesia yang sudah bisa belajar dengan nyaman di sekolahnya, sudah bisa menikmati masa indah kanak2 mereka tanpa harus banting tulang membantu orang tua mengais rezeki...

    namun, masih banyak juga lho di bagian negeri ini, dimana pendidikan mahaaaal sekali harganya... banyak sarana dan prasarana (hard ware) pendidikan yang jauuuh dari memadai, demikian juga dengan 'software' (materi) pendidikan yang juga jauuuh dari cukup.

    Trims Fahrie for share...

    btw, foto terakhir... cihuy..... lage selebritis hai.... hehe...

  2. subhanallah....
    ternyata gambarannya seperti itu, membuka mata hatiku, ternyata dgn kemudahan, kadang malah sering terlena.

    itu Afrikanya dimana mas Fahrie..?

  3. Cutkak :: Alhamdulillah Kak di bri kesempatan menimba ilmu dan pengalaman di sino, mudah2an ada yang bisa disumbangkan bagi pendidikan Aceh nanti.. Eh, foto lon mameh kak ken? haha #gubrak!

    Insan :: Iya, dengan kemudahan dan kekayaan kadang nilai-nilai akhlak dan prilaku bisa dengan mudah terkikis.. Ini di Sudan, Mas ^^

  4. Biar panas biar berlantai tanah murid2nya ceria...

    Mulai ngajar langsung ya med? murid2nya senang itu kedatangan bule Indonesia... :) aku suka foto kedua dari bawah ... :D

  5. Ini kunjungan untuk penelitian aja, ngajarnya di institusi bahasa. Aku juga suka kamu suka foto itu.. #wuisssssy

  6. Una says:

    Eh itu foto kamu mas...? Hihihi.
    Panasnya berapa derajat mas?
    Keren, di sana serba kurang tapi tetep santun, gak kayak di Indonesia ahahhahaa~

  7. Puncak musim panas bisa mencapai 53 derajat.. Ehm, apa naksud, hihihi..!?

  8. HP Yitno says:

    fasilitasnya kayaknya serba kurang ya, tapi semangat mereka untuk belajar mengalahkan segala-galanya.

  9. Betul Mas, semangat dalam kekurangan ..

  10. Samaranji says:

    Walah,,, anak2 Sudan bisa nggaya juga ya waktu dipohto ;)

    Eh, Mas. Kalo nyebutin Bangsa kita Indonesia tercinta, jangan disingkat "Indo" gituh dunk. Hanya permintaan pribadi sih, gak tahu pendapat temen lainnya...

  11. Waduh, maaf ya Mas.. hehe Indonesia, makasih sudah diingatkan,Nasionalisme saya memang kurang nih :-)

  12. Alhamdulillah..
    syukurlah keadaan kita jauh lebih baik. Tapi ttp aja sering lupa bersyukur.
    gak kebayang deh kalau di sini juga kayak gitu.

    thanks for sharing bang.
    asyik yaa bisa ke afrika

  13. Iya Aul, semoga kondisi pendidikan kita ke depan makin baik lagi ^^

  14. subahanallah...iri, sumpah iri! saya ingin sekali berpetualang di pedalaman afrika, apalagi jika bisa mengajar sedikit ilmu yang saya punya.

    eh bang fahri, ini afrika bagian mana ya? Nigeria ya? Dan, itu...saya yakin gak akan bolak-balik kamar mandi hanya karna segentong air, hihi...secaraaa, afrika :D

  15. Ini di sudan, tetangganya Nigeria. Eh, Ai bisa kok kemana aja, kan lagi banyak peluang tuh di Aceh, semangat Ai ^^

  16. HA Peduli says:

    postingan yang sangat menarik :)
    sangat bermanfaat.. ^_^
    keep posting yaa..

    ingin barang bekas lebih bermanfaat ?
    kunjungi website kami, dan mari kita beramal bersama.. :)

Leave a Reply

Komentarin SADAH Dunk !!

Pasang Banner Sadah.. ^^

create your own banner at mybannermaker.com!

SAdah-Sadah Sekalian