Kamis, 05 April 2012

Shalatilah Shalatmu..

16 komentar

Ungkapan ini memang agak aneh kedengarannya, namun bila kita teliti makna dari shalat itu sendiri, tentu ungkapan tadi akan mudah dipahami. Dahulu sebelum shalat difardhukan kepada kaum muslim, tepatnya sebelum isra’ mi’raj Nabi Muhammad Saw, bangsa Arab telah menggunakan kata shalat yang berarti harapan atau do’a. Jadi, shalat sebenarnya sinonim dengan kata do’a. Nah, kalau kita padankan dengan kata di atas, kalimatnya akan jadi; “Doakanlah do’amu”..

Kenapa kita harus menshalati shalat kita, atau mendo’akan doa kita? 

Ini suatu wujud instrospeksi ibadah yang harus kita jalankan untuk mencapai istiqamah (konsisten) dalam ibadah. Karena Baginda Rasul sendiri mengakui, ayat yang paling membebani Beliau adalah ayat tentang istiqamah berikut ini;

“Maka tetaplah (istiqamahlah) kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS 11:112).

Bagaimana shalat kita selama ini? Inilah yang mesti kita instropeksi! Apakah kita masih ogah-ogahan, malas-malasan, atau terpaksa menjalankannya? Apakah shalat kita sudah sesuai dengan kaidah ilmu fikih yang benar? Maka, shalatilah shalatmu..

Rabi’ah al-Adawiyah r.a, seorang wanita sufi yang tentu tidak asing lagi di telinga kita. Meskipun Rabi’ah sufi yang sangat tekun beribadah, beliau masih merasa kurang pede dengan kualitas ibadahnya, sehingga sering keluar ungkapan dari bibir beliau;

أستغفر استغفاري..
“Aku beristighfar atas istighfarku..”

Kadang, saat shalat hati dan pikiran kita entah berada di mana. Ketika shalat berjama’ah, tanpa sadar tiba-tiba sudah salam! Shalat kita hanya rutinitas yang tidak berpengaruh sama sekali dalam memperbaiki prilaku kita! Shalat seperti inilah yang perlu kita shalati kembali..

Kadang, kita mengamini do’a yang dipimpin oleh imam, tetapi kita tidak tahu apa sebenarnya arti do’a yang dipanjatkan iman tersebut! Do’a seperti inilah yang perlu kita do’akan kembali..

Kadang, kita beristighfar berkali-kali seusai shalat, namun sambil lalu saja! Hati kita tidak ikut beristighfar dan menyesali dosa-dosa yang telah kita perbuat! Istighfar seperti inilah yang perlu kita istighfari kembali..

***

Video Shalatilah Shalatmu ..



Tikram,-

16 Responses so far

  1. Fanz says:

    tulisannya ngena banget.. mbak/mas nih? :)
    kadang saat sedang shalat fikiran saya melayang layang. lain di mulut lain di fikiran.. :(

  2. Sholat ya... ayo sholati sholat kita :) # cepat-cepat wudhu ambil mukena.

  3. berarti solat saya perlu disholati,emm maksudnya disholati itu diperbaiki ya mbak???

  4. Fanz :: Mangkanya kita perlu juga evaluasi dan instrospeksi dlm ibadah, kan?

    Nufus :: Ayo.. sebelum dishalatkan, hihi

    Yayang :: Bisa juga diartikan begitu Mbak ..^^

  5. Sam says:

    Hayo mau sholat ato mau di sholati...

  6. Sam :: Jangan dulu lah.. belum siap bekal ^^

  7. Samaranji says:

    Mmmmph... kalo nurut saya sih, perintah sholat sudah ada bahkan sebelum Nabi Muhammad SAW diutus. ^.^a... maaf OOT.

    Emang harus itu, selesai sholat beristighfar, wiridan dan berdzikir barang sejenak. Malu ama Allah kali ya masak abis sholat langsung ngacir. Hehe...

  8. Tepat sasaran banget utk diri saya, kadang di tengah2 sholat jd ingat hal2 yg sebelum susah utk di ingat2. Kadang lupa rokaat sdh dpt berapa...jd ngikut saja sama Imamnya...#MAluuu banget

  9. Samaranji :: Emang mantap sekali Kyai kita ini, hehe

    Ririe :: Yang penting terus usaha memperbaikinya ^^

  10. ibnu says:

    tausiyah di malam hari
    rasanya mak cess

  11. Accilong says:

    subhanallah, bookmark ahh..
    besok2 bisa baca lagi.

  12. Ibnu :: Saling tausiah Mas ^^

    Achi :: Achi apakabar? hehe

  13. Fitrianto says:

    Kena dech... !! jadi malu ^^

  14. ane baru tau klo sholat perlu disholati :bingung

  15. hajarabis says:

    makasih infonya gan ane jadi tau klo sholat itu perlu disholati

  16. iyan_yupz says:

    mantap,,, kunjungi juga yach : www.dianaservicepoint.com

Leave a Reply

Komentarin SADAH Dunk !!

Pasang Banner Sadah.. ^^

create your own banner at mybannermaker.com!

SAdah-Sadah Sekalian