Minggu, 15 April 2012

Sepenggal Kisah di Dongola, Part 3

25 komentar
Hari ini kita akan melihat situs bersejarah yang telah berumur ribuan tahun. Lokasinya masih di Dongola juga, masyarakat di sini menyebutnya KARAM. Ternyata, karam nama kerajaan yang sudah sangat tua sekali, yaitu kerajaan Noba bagi Bangsa Nobi, konon katanya semasa dengan Nabi Yusuf as. 

Pernah dengar sejarah Bangsa Nobi? Bangsa ini tergolong bangsa tertua di Afrika yang masih bertahan hingga sekarang, saat ini bangsa nobi banyak ditemui di Mesir bagian Selatan dan di Sudan bagian Utara. Sejarawan sering mengaitkan bangsa Nobi dengan peradaban Mesir Kuno.. Dan menurut penjaga situs bersejarah ini, Bangsa Nobi juga ada disinggung dalam Taurat dan Injil, sebagai bangsa yang berperadaban tinggi.

Saat ini, karam hanya tinggal reruntuhan saja..

Tinggal Fondasinya doank ..^^

Di sini ada pyramida juga, lho! Tapi kecil-kecil.. ^^


Di sebelah bekas reruntuhan dibangun sebuah museum, yuk kita lihat ada apa saja dalam museum ini..!


Sebenarnya masih banyak pernak-pernik peninggalan Bangsa Nobi di museum ini. Tapi yang paling menarik adalah jasad yang ditemukan di reruntuhan yang sudah berupa tengkorak, di antaranya..

Coba tebak ! Ini tengkorak laki-laki atau perempuan..??
Sudah dulu ya sobats.. 
Kita ketemu di jalan-jalan sadah berikutnya..^^


Wassalam.. 

25 Responses so far

  1. Fitrianto says:

    Hanya satu kata "KEREN"..

  2. woww...

    tua dan bersejarah.
    menarik :)

    P.S.

    jalan-jalan sadah...
    kayaknya seru juga kalo ada di TV-TV bang.
    hehe

  3. Tengkorak itu jadinya laki-laki atau perempuan? Terus "keluarga" yg dalam museum itu siapa saja....?

  4. alhamdulillah pengetahuan yang tak pernah saya kunjungi langsung saya temukan disini... alhamdulillah wa_jazaakumullah ahsanul_jazaa.. :)

  5. Fitrianto :: Terimakasih ..^^

    Aul :: Bisa aja..hehe Aul mau jadi produsernya?? :-)

    Ririe :: Isinya para nenek moyang Bangsa Nobi, terdiri dari para raja dan keluarga kerajaan, adajuga rakyat biasa.. Tebak dulu donk itu laki-laki atau perempuan? hehe..

    Zhi cun lee :: Waiyyak.. ^^

  6. Subhanallah, serasa Mesir Melambai padaku ^^

  7. Sam says:

    wuihhh... asyik nih kayanyaa... kok ga ngajak ngajak?? ^^

  8. Yunda :: Sudah ke mesir mbak? Cleopatra dah kangen tuh.. ^^

    Sam :: Ayuk, ntar aku ajak ^^

  9. hmmm ...#sambil mikir ... sepertinya perempuan deh, soalnya ada gentong tuh, biasanyakan cewe suka bawa gentong, betul gak ?? harus betul ya, ...
    mana hadiah nya, hahaha :P

  10. Samaranji says:

    Keren, Mas...
    Bangsa Nobi, saya klik anchor linknya koq mengarah ke artikel ini lagi ya ^^a... Diulas dikit doooonk ttg peradaban bangsa ini....
    Makasih.

  11. Stumon :: Alisisis anda akurat juga.. hehe, perhatiin ada cermin juga di sebelahnya, aku rasa juga perempuan ^^

    Samaranji :: Ok Ji, ntar kapan2 diulas ya, aku juga masih asing sama Bangsa Nobi ini, hehe

  12. wah keren mas bisa jalan-jalan ke tempat bersejarah seperti ini.
    mau juga tapi fulusnya gak ada, ha ha :D

    oh iya, banner juga sudah saya pasang.
    -terima kasih-

  13. nuel says:

    wah kereeeen....

  14. HP Yitno says:

    Fotonya fantastis semua. Seru..seru bener perjalanannya.

  15. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    Orang miskin bukanlah seseorang yang tidak mempunyai uang,
    tapi ia yang tidak memiliki sebuah mimpi.,
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

  16. Subhanallah, jadi ingin juga berkunjung ke sana.

  17. Hiiih..
    Medeni -_-" yang bagian tengkorak itu..
    Mas Sadah tinggal di Mesir, ya??
    Kok enak jalan2 ke sana *mupeng*...

    Mas, minta folback, ya *lah, akhir2nya spam* :P

  18. Terimakasih semua sudah mau mampir di sini ^^

  19. ongisnade says:

    your post is nice.. :)
    keep share yaa, ^^
    di tunggu postingan-postingan yang lainnya..

    jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
    terima kasih.. :)

  20. hajarabis says:

    i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa...
    berbagi pada sesama dengan mengunjungi http://hapeduli.hajarabis.com/

  21. HA Peduli says:

    postingan yang sangat menarik :)
    sangat bermanfaat.. ^_^
    keep posting yaa..

    ingin barang bekas lebih bermanfaat ?
    kunjungi website kami, dan mari kita beramal bersama.. :)

  22. Wih, jadi pengen jalan-jalan ke sana... Ntu bangsa Nobi musnahnya kenapa ya? Masih ada sisanya gak??

  23. wah infonya bagus sob..
    sangat bermanfaat & lengkap lagi..
    makasih ya :)
    salam kenal :)




    #Happy BLogging :D

Leave a Reply

Komentarin SADAH Dunk !!

Pasang Banner Sadah.. ^^

create your own banner at mybannermaker.com!

SAdah-Sadah Sekalian