Rabu, 18 Januari 2012

Do’a saja tidak cukup!

12 komentar
Gbr dari sini
FollowTwitSadah@FahrieSadah


“Empat puluh tahun lebih muslim di seluruh dunia berdo’a untuk kemenangan rakyat Palestina yang dijajah Israel. Tapi kenapa hingga detik ini do’a itu belum terkabulkan?” Tanya seorang siswa asal Turki di kelas praktek mengajarku pagi tadi.

“Buuugh!” Rasanya seperti ketimpa pohon kurma. Pertanyaannya betul-betul menohok jantung. Kulirik dosen supervisor-ku, sepertinya ia juga terkejut dengan pertanyaan itu.

Dengan sangat hati-hati aku jawab; “Mungkin usaha kita untuk menolong rakyat Palestina selaku saudara kita seiman masih kurang maksimal. Hari ini, kita terpecah-belah dan belum bersatu dalam ke-Islaman kita, dan do’a saja tidak cukup”. 

Aku terlarut emosi, seharusnya materi yang kusampaikan adalah tentang mengucapkan sebuah kata dengan pelafadhan yang benar, hanya kebetulan saja ada kata “do’a” di situ. Bahkan aku tidak peduli lagi apakah mereka, siswa-siswa non-arab yang baru belajar Bahasa Arab ini paham apa yang kusampaikan atau tidak!
Pikiran ini terus berkecamuk. Aku geram dengan Negara-negara Arab yang lain, kenapa mereka tidak bersatu saja untuk mengusir Israel? Aku geram dengan Arab Saudi, Negara sekaya itu, barometer umat muslim sedunia, kenapa harus tunduk saat menghadapi hegemoni Amerika?! 

Sehela nafas panjangku berhembus, lalu aku memberi sebuah analogi; “Coba sekarang, kita semua yang ada di sini berdo’a agar meja ini bergeser dengan sendirinya! Apakah meja ini akan bergeser?” Siswa itu diam, seisi kelas-pun senyap, sepertinya mereka menunggu kata-kataku berikutnya. Hingga akhirnya.. “Jangan keluar dari topik! Kalian belajar Bahasa Arab di sini, bukan yang lain!” Tiba-tiba dosen supervisor-ku berseru lantang.

*** 

Hari ini jadi hari yang berat buatku.. Praktek ngajarku kacau, dosen supervisor-ku marah, dan yang terparah aku jadi kepikiran, hingga saat ini-pun,,, 

I’ve do nothing untuk menolong Palestina! 

... But, I will ...

Kenapa?? Karena do’a saja tidak cukup!

Nabi Muhammad Saw. tidak hanya berdo’a saat menghadapi kafir Quraisy, padahal beliau seorang Rasul yang do’anya selalu diijabah. Beliau tetap mengatur strategi dalam perang dan dakwah, Beliau tetap berusaha menghindar dan sembunyi di Gua Hira saat di kejar-kejar musuh, Beliau usaha..

Siti Hajar As. mengeliingi Bukit Safa dan Marwah hingga tujuh kali demi mendapatkan air ketika ia dan Ismail kecil terdampar di padang pasir yang tandus, sampai akhirnya ia menemukan sumur zam-zam yang tidak pernah kering airnya hingga sekarang. Bahkan tidak pernah habis meski diambil dan terus diambil trilyunan muslim saat musim haji (Subhanallah..) Kenapa ia tidak berdo’a saja saat kehausan? Bukankah ia isteri Ibrahim As, seorang Nabi? Tidak, ia tetap usaha..

‘Seperti dua sisi mata uang, usaha dan do’a saling melengkapi. Usaha tanpa do’a adalah sombong, do’a tanpa usaha adalah sia-sia’

Di sini banyak volunteer yang berani menerobos Jalur Gaza untuk memasok bantuan untuk rakyat Palestina berupa obat-obatan maupun makanan. Mungkin untuk saat ini.. aku yang lemah ini hanya bisa menitipkan juneh-junehku (mata uang sudan) yang tidak seberapa. Semoga sedikit mengurangi penderitaan mereka.. dan semoga bisa menginspirasi sobat-sobat untuk melakukan hal sama di manapun sobat berada..

12 Responses so far

  1. harus ikut terjun harta, jiwa dan raganya ya.. :(

  2. serius mas, postingan kali ini bikin aku tertohok. Niat bewe buat refreshing dr kerjaan kantor malah bikin aku tertegun panjang. Iya yah, doa saja tak cukup. Bukan karena tak cukup sebetulnya, melainkan tak sempurna.
    Jadi mikir, apa ya..yg bisa kulakukan buat palestina? -___-

  3. Andy :: Lama tak bersua Mas.. hehe. Dirimu pasti sudah tau jawabannya kan..

    D'Bella :: Sori ya kalo mengganggu refreshingnya.. Semoga hari2mu makin indah ..^^

  4. do'a saja memang tidak cukup seperti kata nick belum sempurna, seperti jihad nya rasulullah dan para sahabatnya mengorbankan harta dan jiwa nya juga..

  5. memang doa saja tak cukup :(

  6. Betoi that nyan.... doa saja tidak cukup. Usaha dan doa memang harus saling sejalan, bahu membahu....

    postingan yang sungguh menyadarkanku... mungkin tak seberapa sih, tapi bantuan dalam bentuk apapun untuk saudara kita disana akan sangat berarti bagi mereka, tak hanya doa memang, trims for share ya...

    Saleum hangat dari Banda aceh.

  7. Samaranji says:

    Assalamu'alaikum...
    Salam kenal Mas Fahrie
    Fahrie-nya Ayat2 Cinta bukan ? ;)

  8. Tiya, Anonim :: Butuh langkah kongkrit, Sob..

    Aaika :: Jroh that, na syara dari Banda lagoe..^^ Tetap berkarya! Hehe

    Samaranji :: Salam kenal juga.. Hmmm, perlu tanda tangan? haha #Peace ^^

  9. wisren says:

    wah, bener nih, setuju
    jadi ikutan nanya nih; wis bisa apa yaa :(

  10. shafira says:

    Mungkin Semua tergantung rasa....

  11. Wis :: Tanya pada diri sendiri kan Wis? ^^

    Shafira :: Maksudnya?

  12. ubai says:

    do'a adalah selemah-lemahnya iman setelah kekuasaan dan lisan

Leave a Reply

Komentarin SADAH Dunk !!

Pasang Banner Sadah.. ^^

create your own banner at mybannermaker.com!

SAdah-Sadah Sekalian