Selasa, 18 Oktober 2011

Sadar Bencana = Azab

3 komentar

Aisyah ra. pernah menceritakan perangai Rasulullah saw, yaitu setiap kali melihat langit menghitam dan angin kencang, wajah Rasulullah selalu berubah, beliau gelisah dan mondar-mandir tak tentu arah. Setelah hujan turun dan mereda, baru Rasulullah merasa tenang dan tersenyum kembali. 

Serta merta Aisyah bertanya, “Ya Rasulullah, kenapa Engkau selalu gelisah ketika langit menghitam?”

Rasulullah menjawab, “Aku takut apa yang menimpa kaum ‘Ad terulang kembali wahai Aisyah. Dulu Kaum ‘Ad selalu gembira ketika hujan hendak turun. Suatu hari ketika awan hitam datang disertai angin kencang, dalam sorak sorai mereka tidak sadar ada azab Allah dalam setiap hembusan angin itu, dan mereka binasa seketika.”

Al-Qur’an mengabadikan kisah kaum ‘Ad dalam QS. Al-Ahqaf ayat 24 berikut ini;

فَلَمَّا رَأَوْهُ عَارِضًا مُّسْتَقْبِلَ أَوْدِيَتِهِمْ قَالُوا هَذَا عَارِضٌ مُّمْطِرُنَا بَلْ هُوَ مَا اسْتَعْجَلْتُم بِهِ رِيحٌ فِيهَا عَذَابٌ أَلِيمٌ  (الأحقاف 24)
"Maka tatkala mereka melihat awan yang menuju ke lembah-lembah mereka, berkatalah mereka: ‘Inilah awan yang akan menurunkan hujan kepada kami’. (Bukan!) bahkan Itulah azab yang kamu minta supaya datang dengan segera, yaitu angin yang mengandung azab yang pedih,”

Baginda Rasul yang notabene adalah kekasih Allah, tidak pernah mengingkari, bahkan selalu takut akan azab Allah. Bandingkan dengan keadaan kita sekarang! Bencana silih berganti terjadi di hadapan kita. Gempa bumi, banjir, lumpur lapindo, tsunami, gunung meletus, kebakaran, kecelakaan! Apa pernah terbersit dipikiran, bahwa azab Allah telah datang?? Seakan-akan kita yakin, azab Allah tidak akan menimpa kita!

Pompeii sebelum bencana
Kalau azab yang telah menimpa kaum ‘Ad dan kaum Tsamud bangsa Sodom tidak cukup sebagai contoh, lihatlah apa yang menimpa Kota Pompeii, Italy. kota tersebut merupakan sarang foya-foya dan perbuatan menyimpang. Lava dari Gunung Vesuvius menyapu bersih seluruh kota Pompeii dari muka bumi dalam waktu sekejap. Tidak ada seorangpun yang selamat dari bencana letusan Vesuvius yang mengerikan ini. Sepertinya mereka sama sekali tidak menyadari bencana tersebut. Wajah dari kebanyakan jasad manusia membatu yang digali dari Pompeii masih utuh sama sekali, ekspresi wajah-wajah tersebut pada umumnya nampak kebingungan. Klik disini.
Paska bencana


Bila kedhaliman juga kemaksiatan telah memasyarakat, dan keadilan menjadi barang yang langka. Maka, azab akan semakin dekat. Sebagai penutup renungan ini, mari kita tela’ah mutiara kata dari Ibnu Taimiyah ;

“Sesungguhnya Allah akan melestarikan sebuah negara yang adil, meskipun itu negara kafir. Dan Allh swt. akan membinasakan negara yang dhalim, walaupun itu Negara Islam..”


Jazk ..

3 Responses so far

  1. 'Bila kedhaliman juga kemaksiatan telah memasyarakat, dan keadilan menjadi barang yang langka. Maka, azab akan semakin dekat.'
    naudzubillahiminzalik....
    segera istigfar#astagfirullahuladzim

  2. Mbak Fanny :: Siang Mbak ..^^

    Atma :: Astaghfirullahal'adhim..

Leave a Reply

Komentarin SADAH Dunk !!

Pasang Banner Sadah.. ^^

create your own banner at mybannermaker.com!

SAdah-Sadah Sekalian