Jumat, 21 Oktober 2011

JUM'AT, Hari ini Kiamat !!

8 komentar

Jum’at berasal dari kata jama’a (Bahasa Arab) yang artinya berkumpul. Ada pendapat, dinamakan hari jum’at karena pada hari itu, berkumpul segala kebajikan. Ada juga yang mengatakan, pada hari itu Adam berkumpul kembali bersama Hawa setelah diusir dari surga. Dan juga, pada hari jum’at kaum muslimin berkumpul untuk melaksanakan ibadah shalat jum’at.

Hari jum’at disebut-sebut sebagai hari yang paling baik di antara hari-hari yang lain (sayyidul ayyam). Adam di ciptakan Allah swt dari saripati tanah (Adiim al-ardh) pada Hari Jum’at, karena itu dinamakan Adam. Pada hari Jum’at, sekitar 600 ribu penghuni neraka mendapat revisi dari Allah. Dan siapa saja yang meninggal pada hari Jum’at, akan mendapatkan pahala syahid.

Rasulullah memberitakan melalui hadisnya bahwa hari kiamat akan terjadi pada hari Jum’at. 


خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيْهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيْهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ إِلاَ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Artinya:

Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya adalah hari jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan surga, pada hari itu dia dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari jum’at. (HR. Muslim no: 854, dari Abu Hurairah) 

Jadi teringat ramalan kiamat yang akan terjadi hari ini, he he.. Peramal kiamat asal California, Amerika Serikat, Harold Camping, kembali memperingatkan umat manusia sejagat agar bersiap-siap menghadapi kiamat yang bakal datang pada Jumat, 21 Oktober 2011. Klik di sini!

حديث ابن عمر عن النبي-صلى الله عليه وسلم-: "من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة سطع له نور من تحت قدمه إلى عنان السماء يضيء له يوم القيامة، وغفر له ما بين الجمعتين".
Artinya :

"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum'at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat."

Imam Syafi’i mengatakan, “Hari yang paling baik adalah Hari Arafah, setelah itu hari Jum’at, dan kemudian hari raya idul adha dan hari raya idul fitri. Sedangkan malam-malam terbaik adalah, malam lailatul qadar, malam jum’at, lalu malam isra mi’raj.”

Jazk..

8 Responses so far

  1. jadi setiap kamis, musti siap2. kita gak pernah tahu kapan kiamat. hehe.,..

  2. Roe :: Betul sekali Roe.. ^^

  3. saya juga pernah membaca sebuah artikel yang menjelaskan tentang sebuah hadits nabi yang mengatakan kalau akan terjadi huru hara besar2an di pertengahan ramadhan, hadits sekaligus ramalan masa depan,,,kata@ ramadhan kali ini pertengahan2 hari jum'at,,,:D

  4. Hadist tentang KIAMAT PADA HARI JUMAT DI PERTENGAHAN BULAN ROMADHON adalah hadist palsu (Maudhu’), karena di dalam sanadnya terdapat beberapa perowi hadits yang pendusta dan bermasalah sebagaimana diperbincangkan oleh para ulama hadits.

    PERKATAAN PARA ULAMA TENTANG HADITS INI:

    Al-Uqoily rahimahullah berkata: “Hadits ini tidak memiliki dasar dari hadits yang diriwayatkan oleh perowi yang tsiqoh (terpercaya), atau dari jalan yang tsabit (kuat dan benar adanya).” (Lihat Adh-Dhu’afa Al-Kabir III/52).

    Ibnul jauzi rahimahullah berkata: “Hadits ini dipalsukan atas nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.” (Lihat Al-Maudhu’aat III/191).

    Syaikh Al-Albani rahimahullah berkata: “Hadits ini Palsu (Maudhu’). Dikeluarkan oleh Nu’aim bin Hammad dalam kitab Al-Fitan.” Dan beliau menyebutkan beberapa riwayat dalam masalah ini dari Abu Hurairah dan Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu anhuma. (Lihat Silsilah Al-Ahadits Adh-Dho’ifah wa Al-Maudhu’ah no.6178, 6179).

    Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah berkata: “Hadits ini tidak mempunyai dasar yang benar, bahkan ini adalah hadits yang batil dan dusta.” (Lihat Majmu’ Fatawa Bin Baz XXVI/339-341).

    Wallahu a'lam..

  5. (Hadits ini diriwayatkan oleh Nu’aim bin Hammad di dalam kitab Al-Fitan I/228, No.638, dan Alauddin Al-Muttaqi Al-Hindi di dalam kitab Kanzul ‘Ummal, No.39627).

    Berikut bunyi hadist palsu tersebut:

    قَالَ نُعَيْمٌ بْنُ حَمَّادٍ : حَدَّثَنَا أَبُو عُمَرَ عَنِ ابْنِ لَهِيعَةَ قَالَ : حَدَّثَنِي عَبْدُ الْوَهَّابِ بْنُ حُسَيْنٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ ثَابِتٍ الْبُنَانِيِّ عَنْ أَبِيهِ عَنِ الْحَارِثِ الْهَمْدَانِيِّ عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : “إذا كانَتْ صَيْحَةٌ في رمضان فإنه تكون مَعْمَعَةٌ في شوال، وتميز القبائل في ذي القعدة، وتُسْفَكُ الدِّماءُ في ذي الحجة والمحرم.. قال: قلنا: وما الصيحة يا سول الله؟ قال: هذه في النصف من رمضان ليلة الجمعة فتكون هدة توقظ النائم وتقعد القائم وتخرج العواتق من خدورهن في ليلة جمعة في سنة كثيرة الزلازل ، فإذا صَلَّيْتُمْ الفَجْرَ من يوم الجمعة فادخلوا بيوتكم، وأغلقوا أبوابكم، وسدوا كواكـم، ودَثِّرُوْا أَنْفُسَكُمْ، وَسُـدُّوْا آذَانَكُمْ إذا أَحْسَسْتُمْ بالصيحة فَخَرُّوْا للهِ سجدًا، وَقُوْلُوْا سُبْحَانَ اللهِ اْلقُدُّوْسِ، سُبْحَانَ اللهِ اْلقُدُّوْسِ ، ربنا القدوس فَمَنْ يَفْعَلُ ذَلك نَجَا، وَمَنْ لَمْ يَفْعَلْ ذَلِكَ هَلَكَ)

    "Nu’aim bin Hammad berkata: “Telah menceritakan kepada kami Abu Umar, dari Ibnu Lahi’ah, ia berkata; Telah menceritakan kepadaku Abdul Wahhab bin Husain, dari Muhammad bin Tsabit Al-Bunani, dari ayahnya, dari Al-Harits Al-Hamdani, dari Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu alaihi wasallam, beliau bersabda: “Bila telah muncul suara di bulan Ramadhan, maka akan terjadi huru-hara di bulan Syawal, kabilah-kabilah saling bermusuhan (perang antar suku, pent) di bulan Dzul Qo’dah, dan terjadi pertumpahan darah di bulan Dzul Hijjah dan Muharram…”. Kami bertanya: “Suara apakah, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Suara keras di pertengahan bulan Ramadhan, pada malam Jumat, akan muncul suara keras yang membangunkan orang tidur, menjadikan orang yang berdiri jatuh terduduk, para gadis keluar dari pingitannya, pada malam Jumat di tahun terjadinya banyak gempa. Jika kalian telah melaksanakan solat Subuh pada hari Jumat, masuklah kalian ke dalam rumah kalian, tutuplah pintu-pintunya, sumbatlah lubang-lubangnya, dan selimutilah diri kalian, sumbatlah telinga kalian. Jika kalian merasakan adanya suara menggelegar, maka bersujudlah kalian kepada Allah dan ucapkanlah: “Mahasuci Allah Al-Quddus, Mahasuci Allah Al-Quddus, Rabb kami Al-Quddus”, kerana barangsiapa melakukan hal itu, niscaya ia akan selamat, tetapi barangsiapa yang tidak melakukan hal itu, niscaya akan binasa”.

  6. Namun, meskipun hadist di atas adalah hadist palsu, Tapi kita semua harus yakini bahwa.. Hari kiamat Rahasia Allah dan bisa terjadi kapan saja, dan Rasulullah mengatakan bahwa hari kiamat akan terjadi Hari Jum'at (dalam hadist yang shoheh)tanpa menyebutkan bulan apa. Adapun tanda-tandanya sangat banyak di jelaskan oleh para ulama melalui hadist-hadist Beliau..

    Yang penting, kita siap-siap saja Sob.. dengan iman dan ibadah :-)

  7. SGH i780 says:

    Kiamat itu hak Allah yang tahu. Tapi kalau ada yang menyebutkan hari jum at, mestinya waktu arab saudi. Dan itu tidak baik bagi yang di indonesia, krn bisa jadi sudah sabtu. Di tempat lain mungkin masih kamis, bila arab saudi jum at.
    Jadinya tidak masuk akal antar kiamat alam semesta dihubungkan dengan rotasi bumi (terjadinya siang dan malam).

  8. Anonim says:

    SGHi780, Maaf, anda salah kira tentang rotasi perputaran bumi. Tidak ada tempat di muka bumi ini yang beselisih jam lebih dari 14 Jam... artinya hanya setengah hari. Jika Hari Jumat di Arab Saudi, berarti hari Jumat juga di Indonesia. Karena selisih Arab dan Indonesia sekitar 5-6 Jam saja. Bukan satu hari. Dan Indonesia adalah negara paling timur setelah Selandia Baru - Australia. Mohon maaf, pelajarin lagi ilmu geografi dan letak bumi. Karena itu sangat penting dalam penentuan sholat dalam ISLAM

Leave a Reply

Komentarin SADAH Dunk !!

Pasang Banner Sadah.. ^^

create your own banner at mybannermaker.com!

SAdah-Sadah Sekalian