Kamis, 22 September 2011

Stranded in Yemen

5 komentar
 Yaman memang indah dan unik, terutama di Sana’a, ibukota Yaman yang disebut-sebut tempat menetapnya Kaum Saba. Kalau ingin tahu lebih jelasnya, kisah tentang Kaum Saba terdapat di Perjanjian Lama dan juga dalam Al-Qur’an.

Tahun lalu saya pernah transit di Yaman selama dua hari. Mengitari perbukitan Sana’a yang sejuk dan indah, seperti suasana di Puncak, Bogor, hanya saja di Sana’a lebih berkesan klasik dengan rumah-rumah batu yang tersusun rapi. Di perbukitan, kita juga bisa menikmati berbagai jenis buah-buahan yang tidak ada di Indonesia, seperti Mis-Mis, Kum dan kukh. 

Pusat belanja di kawasan Sana’a Qadimah (kota tua), juga meninggalkan kesan tersendiri. Semua souvenir yang banyak diburu di Yaman dengan mudah bisa kita temukan di daerah tertua di Yaman ini, termasuk madu Yaman yang terkenal nomor wahid dalam hal meningkatkan vitalitas pasutri! He he..

Orang-orang Yaman juga punya keunikan tersendiri. Kaum perempuan di sini sekitas 80 persen bercadar. Kalau laki-lakinya selalu mengenakan kain sarung yang terselip Jambiya di pinggang (senjata khas Yaman berupa pisau yang selalu dibawa kemana saja). Dan yang paling unik, orang-orang Yaman selalu mengunyah semacam daun rempah yang disebut Gad, hingga pipi mereka membengkak seperti orang yang sedang sakit gigi.

Jadi, kalau anda tiba-tiba berada di daerah yang banyak berseliweran laki-laki yang mengenakan kain sarung, berselip pisau besar (Jambiya) di pinggang dan pipi bengkak, berarti anda sedang terdampar di Yaman.

Hari ini, saya terkurung di Hotel Coral, Kota Aden, Yaman, bersama semua penumpang Yemenea Air yang lain. Kami mendarat darurat di Aden karena bandara San’a tiba-tiba ditutup, ada isu kerusuhan. Entah sampai kapan? Tapi, bagi saya, asal bisa jalan-jalan lagi, ya gak papa...

5 Responses so far

  1. Rumah2 batu ya... dr foto aja udah keliatan bagus kalo liat lgs lbh bgs kali ya... semoga suatu hari bisa berkunjung... Trm ksh sudah membuat iri uncle fahri he..he..

  2. jalan-jalan mulu nih, tapi pas ke jakarta gak mau nemuin saya kenapa..? :( sedih ih..
    saya jelek ya..? saya kan gak nakutin :(
    dan gak perlu takut, saya juga bukan maho, wkwkwkwkwkwkwkwkwk...

    just canda di siang bolong, hati2 dijalan sob..

  3. Nufus :: Eh, Aton kan? Salam ya ma jagoan2 nya, hehe.. Di jakarta atau di mana nih?

    Andy :: Mas, takdir pertemuan kita belum tertulis, abis Mas Andy nya juga super sibuk sih! hehe.., eh, emang maho itu apa sih??

  4. iya.... di jakarta, suka ni baca tulisan2 fakri soalnya baru belajar2 ngeblog juga liat2 ya http://nufus-suryadi.blogspot.com/ kuliah lancar?

  5. Nufus :: Oke, kt sama belajar, keep writing ya! he e.. alhamdulillah lagi tesis nih, do'anya

Leave a Reply

Komentarin SADAH Dunk !!

Pasang Banner Sadah.. ^^

create your own banner at mybannermaker.com!

SAdah-Sadah Sekalian